Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

Tak Mau Gemuk? Hentikan Kebiasaan Nge-charge Ponsel di Tempat Tidur

Tempat tidur sebaiknya bebas dari gadget karena bisa mengganggu kesehatan. Bukan cuma mengurangi kualitas tidur, keberadaan perangkat elektronik di sekitar ranjang juga memicu kegemukan bahkan saat tidak sedang dimainkan.

Sebuah penelitian terbaru, risiko kegemukan bisa meningkat gara-gara kebiasaan nge-charge ponsel di tempat tidur. Penyebabnya adalah gelombang pendek dari cahaya biru yang dipancarkan ponsel saat sedang di-charge. Gelombang ini bisa mempengaruhi hormon.

Dr Simon Kyle dari Manchester University yang melakukan penelitian mengatakan, hormon yang terpengaruh adalah melatonin. Fungsinya adalah mengatur jam biologis. Ketika jam biologis terganggu, sistem metabolisme makanan di dalam tubuh juga ikut terpengaruh.

Berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan, injeksi melatonin bisa mengatasi masalah kegemukan. Dalam sebuah eksperimen dengan tikus, injeksi melatonin juga bisa mengatasi salah satu penyakit yang berhubungan dengan kegemukan, yakni diabetes.

"Jika Anda bisa tidur dalam kondisi benar-benar gelap, Anda mungkin bisa menciptakan masa pra-industrial dan bisa melawan epidemi kegemukan," kata Dr Kyle, dikutip dari Daily mail.

Sebelumnya, penggunaan gadget di tempat tidur banyak dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari yang paling ringan seperti gangguan tidur, hingga masalah-masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker serta penyakit jantung.

DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!